OFFICIAL FORUM ROMANSA TERBESAR DI INDONESIA

saat ini anda Saat ini anda mengakses forum INDOROMANCE sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi member INDOROMANCE. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk mengunduh ebook kami, mengirim pesan teks, dan menggunakan fitur-fitur lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis. Jadi jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas kami sekarang! Silahkan daftar dan langsung log in untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.

Anda belum log in, silahkan klik ''log in'' dibawah ini...
Jika belum me-register, silahkan register terlebih dahulu dengan klik ''register'' dibawah ini...


*Dapat-kan fitur² rahasia di Forum INDOROMANCE, jika anda meningkatkan jumlah postingan anda...

Segera >KLIK REGISTER< ( tidak sampai satu menit )

''register''


Terima Kasih

Reza De Lavega
Admin INDOROMANCE

bosan menjadi niceguys? pelajari kehidupan alpha male sekarang juga


    definisi NLP

    Share

    admin
    Instruktur Utama
    Instruktur Utama

    Male Jumlah posting : 1388
    Join date : 20.07.10
    Age : 29

    definisi NLP

    Post by admin on Thu Nov 11, 2010 7:12 pm

    Neuro-Linguistic Programming (NLP)
    from : Wikipedia

    Neuro-Linguistic Programming (NLP) adalah model komunikasi interpersonal dan merupakan pendekatan alternatif terhadap psikoterapi yang didasarkan kepada pembelajaran subyektif mengenai bahasa, komunikasi, dan perubahan personal. NLP diawali pada sekitar tahun 1970-an oleh Richard Bandler dan John Grinder. Semula pembahasan lebih terpusat pada berbagai "hal beda yang dapat membuat perbedaan" antara individu "unggul" dengan individu "rata-rata". Guna memahami lebih lanjut akan perbedaan tersebut, mereka melakukan serangkaian pemodelan pada berbagai aspek dari individu "unggul", seperti berbagai prilaku dalam menerima serta menyikapi lingkungan sekitar. Hal itu berujung pada pemahaman mengenai mekanisme kerja pikiran. Sehingga NLP berisikan berbagai presuposisi mengenai mekanisme kerja pikiran dan berbagai cara individu dalam berinteraksi dengan lingkungan dan antar sesamanya, disertai dengan seperangkat metode untuk melakukan perubahan.

    Secara semantik, Neuro dapat diartikan sebagai berbagai mekanisme yang dilakukan individu dalam menginterpretasikan informasi yang didapat melalui panca indra dan berbagai mekanisme pemprosesan selanjutnya di pikiran. Linguistic ditujukan untuk menjelaskan pengaruh bahasa yang digunakan pada diri maupun pada individu lain yang kemudian membentuk pengalaman individu akan lingkungan. Programming dapat diartikan sebagai berbagai mekanisme yang dapat dilakukan untuk melatih diri seorang individu (dan individu lain) dalam berpikir, bertindak dan berbicara dengan cara baru yang lebih positif. Walaupun pikiran individu telah memiliki program "alaminya", yang didapat baik melalui pewarisan secara genetis maupun melalui berbagai pengalaman, individu tetap dapat melakukan peprograman ulang sehingga dapat bertindak lebih efektif.

    NLP semula dikembangkan sebagai salah satu perangkat psychotherapeutic. Namun kemudian memperoleh kredibilitas ketika diaplikasikan pada berbagai bidang, seperti bisnis, komunikasi dan lainnya. NLP juga sangat bermanfaat ketika digunakan pada pengembangan pribadi maupun pada proses belajar dan mengajar yang efektif.

    ds
    junior member
    junior member

    Male Jumlah posting : 16
    Join date : 27.12.11

    Re: definisi NLP

    Post by ds on Tue Dec 27, 2011 2:26 pm

    oh gtu.tapi tman gw nawrin pelatihan ko bisa sampe mahal banget ya

    admin
    Instruktur Utama
    Instruktur Utama

    Male Jumlah posting : 1388
    Join date : 20.07.10
    Age : 29

    Re: definisi NLP

    Post by admin on Tue Dec 27, 2011 4:36 pm

    ds wrote:oh gtu.tapi tman gw nawrin pelatihan ko bisa sampe mahal banget ya

    jangan dikira pelatihan NLP itu murah......googling aja pelatihan NLP Tung Diesem Waringin.....instruktur terbaik pelatihan NLP #1 di Indonesia



    :nice inpo dapatkan DVD eksklusif indoromance sekarang juga, bonus keanggotaan VIP seumur hidup.....http://www.indoromance.net/t60-cara-pesan-paket-dvd-eksklusif-indoromance-all-in-one-4-gb-via-sms

    :nice inpo ----> http://www.indoromance.net/t242-ketentuan-dan-fasilitas-khusus-vip-member


    maniac.feather
    newbie
    newbie

    Male Jumlah posting : 6
    Join date : 23.11.11

    Re: definisi NLP

    Post by maniac.feather on Mon Jan 09, 2012 12:02 am

    Udah di baca ulang2 ko kagak ngarti yah...
    nih bahasanya yang ketinggian...??
    atau gua yg kelewat Pinter..??
    wkwkkwwk Smile

    alternative20
    reguler member
    reguler member

    Male Jumlah posting : 31
    Join date : 16.01.12

    Re: definisi NLP

    Post by alternative20 on Mon Jan 16, 2012 5:45 am

    maniac.feather wrote:Udah di baca ulang2 ko kagak ngarti yah...
    nih bahasanya yang ketinggian...??
    atau gua yg kelewat Pinter..??
    wkwkkwwk Smile
    gw juga kagakpaham men

    pangeran zuko
    reguler member
    reguler member

    Male Jumlah posting : 36
    Join date : 16.03.12
    Age : 24

    Re: definisi NLP

    Post by pangeran zuko on Sun Apr 08, 2012 7:52 am

    maniac.feather wrote:Udah di baca ulang2 ko kagak ngarti yah...
    nih bahasanya yang ketinggian...??
    atau gua yg kelewat Pinter..??
    wkwkkwwk Smile

    idem sm yg di atas Smile Smile

    admin
    Instruktur Utama
    Instruktur Utama

    Male Jumlah posting : 1388
    Join date : 20.07.10
    Age : 29

    Re: definisi NLP

    Post by admin on Sat Jul 07, 2012 6:11 am

    NLP menurut NEOnlp.com

    Istilah “Neuro-linguistic Programming” atau biasa disingkat NLP dipilih dan diperkenalkan pertama kali oleh para pendirinya yaitu Richard Bandler dan John Grinder sebagai bentuk ekspresi keyakinan mereka tentang adanya hubungan erat antara proses neuro-logical, bahasa (linguistik), dan pola perilaku tertentu. Hubungan yang erat ini dapat dikelola dan di-“manipulasi” untuk mencapai suatu tujuan khusus dalam hidup.

    Ketiga komponen yaitu neuro, linguistik, dan programming memiliki peran vital dalam menghasilkan pengalaman manusia. Sistem neurological mengatur bagaimana tubuh kita berfungsi, bahasa menentukan bagaimana kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, program menentukan jenis model dunia yang kita ciptakan. Singkatnya, NLP menjelaskan dinamika fundamental antara pikiran (neuro) dan bahasa (linguistik), serta bagaimana keduanya mempengaruhi tubuh dan perilaku kita (programming).

    Sesungguhnya, tidak ada definisi baku mengenai NLP kecuali berbagai pernyataan dari para pendiri maupun praktisi NLP, berikut ini adalah beberapa diantaranya:

    “NLP adalah sebuah model yang sangat eksplisit dan powerful yang berkaitan dengan komunikasi dan pengalaman manusia. Dengan menggunakan prinsip-prinsip NLP kita dapat menjelaskan segala aktivitas manusia melalui suatu cara yang rinci sehingga memungkinkan kita menciptakan perubahan yang mendasar dan bertahan lama dengan cepat dan mudah” – Steve Andreas, pengarang buku “Frogs into Princes”

    “NLP adalah sebuah sikap dan suatu metodologi yang meninggalkan suatu jejak berupa teknik-teknik” – Richard Bandler, co-founder NLP

    “NLP adalah suatu sikap yang harus dijalankan dengan rasa ingin-tahu, dengan keinginan untuk mengetahui berbagai hal, keinginan untuk mampu memengaruhi berbagai hal, serta keinginan untuk mampu memengaruhi hal-hal tersebut melalui suatu cara yang pantas” – Richard Bandler, co-founder NLP, dalam bukunya “Using Your Brain for a Change: Neuro-linguistic Programming”

    “NLP adalah kajian mengenai struktur dari pengalaman subjektif” – Robert Dilts, NLP University

    “NLP adalah suatu strategi pembelajaran yang dipercepat untuk pendeteksian dan pemanfaatan berbagai pola (perilaku manusia) di dunia” – John Grinder, co-founder NLP



    :nice inpo dapatkan DVD eksklusif indoromance sekarang juga, bonus keanggotaan VIP seumur hidup.....http://www.indoromance.net/t60-cara-pesan-paket-dvd-eksklusif-indoromance-all-in-one-4-gb-via-sms

    :nice inpo ----> http://www.indoromance.net/t242-ketentuan-dan-fasilitas-khusus-vip-member


    admin
    Instruktur Utama
    Instruktur Utama

    Male Jumlah posting : 1388
    Join date : 20.07.10
    Age : 29

    Re: definisi NLP

    Post by admin on Sat Jul 07, 2012 6:13 am

    menurut nlpintoaction.com:

    NLP adalah singkatan dari kata Neuro-Linguistic Programming.

    Mungkin Anda memperhatikan bahwa ada sebuah dash diantara kata Neuro dan Linguistic. Sebentar lagi Anda akan mengerti gunanya “ – “ tersebut.

    Setelah mengikuti kelas Lisenced NLP Master Practitioner, saya belum sepenuhnya mengerti apa itu NLP. Saya tahu bahwa NLP itu singkatan dari kata Neuro-Linguistic Programming, tetapi saya tidak mengerti apa itu Neuro-Linguistic Programming.

    Saya tahu, tetapi belum mengerti apa itu NLP. Saya berusaha mencari pengertian, dan saya terbentur tembok. Definisi-definisi dari para pakar berbeda dan membingungkan saya. Memang, butuh waktu untuk mencerna pelajaran hebat seperti NLP.

    Akhirnya, saya menemukan jawabannya, dari seseorang yang menamakan dirinya tukang Tipu dan tukang Bohong, aneh ya?

    Anda mungkin merasa penasaran dan bertanya-tanya, mengapa saya belajar dari seorang tukang tipu dan tukang bohong. Hahaha, kita baru belajar tentang kata-kata. KangPuHOng itu hanya sebuah istilah, hanya sebuah kata. Tahukah Anda bahwa kata tukang tipu dan tukang bohong itu dapat berkonotasi positif dengan arti yang positif? Jika Anda tertarik, saya akan menceritakan kepada Anda di lain kesempatan.

    Sekarang, mari kita kembali ke topik pengertian NLP yang ternyata sederhana itu.

    *****************

    Definisi NLP

    NLP adalah singkatan dari kata-kata Neuro-Linguistic Programming.

    Neuro = Syaraf / jiwa

    Linguistic = bahasa, kata-kata

    Programming = menata, menyusun.

    “Secara harafiah, NLP dapat diterjemahkan sebagai pelakuan pemograman neuro (syaraf) menggunakan keahlian berbahasa (lingusitik).”

    [Teddi Prasetya Yuliawan, The Art of Enjoying Life, Gramedia Pustaka Utama]

    Fungsi Dash “-“

    Anda tentu mencermati, bahwa ada sebuah dash diantara kata Neuro dan Linguistic.

    Tanpa dash, Neuro dan Linguistic adalah kata-kata yang terpisah, yaitu syaraf dan bahasa / kata-kata.

    Dengan dash, dua kata menjadi tersambung satu sama lain. Neuro-Linguistic adalah satu kata, yaitu ‘Bahasa Jiwa’ atau ‘Kata-kata jiwa’.

    Seperti yang telah Anda lihat dari contoh diatas, tidak semua kata-kata memiliki reaksi yang sama. Beberapa kata memiliki reaksi yang biasa-biasa, tetapi ada kata yang memancarkan efek bombastis.

    Jika profesor menyebut anak muda tersebut dengan sebutan ‘anak manis’ dan bukan ‘anak haram jadah’, dampak yang ditimbulkan pasti berbeda.

    Cerita tentang profesor diatas menunjukan bahwa suasana hati atau susunan syaraf seseorang dapat diprogram, hanya dengan kata-kata. Bukan dengan kata sembarang kata, melainkan dengan kata-kata yang dimengerti oleh jiwa.

    Karena tujuan NLP adalah memberikan manfaat bagi jiwa, maka Neuro-Linguistic Programming, dari sudut pandang yang lain, dapat juga berarti;

    Ilmu menyusun kata-kata yang bermanfaat (kepada jiwa).



    :nice inpo dapatkan DVD eksklusif indoromance sekarang juga, bonus keanggotaan VIP seumur hidup.....http://www.indoromance.net/t60-cara-pesan-paket-dvd-eksklusif-indoromance-all-in-one-4-gb-via-sms

    :nice inpo ----> http://www.indoromance.net/t242-ketentuan-dan-fasilitas-khusus-vip-member


    admin
    Instruktur Utama
    Instruktur Utama

    Male Jumlah posting : 1388
    Join date : 20.07.10
    Age : 29

    Re: definisi NLP

    Post by admin on Sat Jul 07, 2012 6:14 am

    NLP menurut blog idnlpsociety:

    Ini adalah pertanyaan standar yang seringkali muncul setiap kali saya berbicara tentang NLP. Namanya yang sedikit aneh memang membuat banyak orang mengalami have-no-clue syndrome ketika mendengarnya. Neuro-Lingustic Programming, apa itu?

    Sampai saat ini, saya pun juga belum menemukan definisi pasti dan formal mengenai NLP. Yang ada hanyalah definisi yang diuraikan oleh beberapa pendiri NLP berdasarkan pengalaman mereka mengembangkan dan mengajarkan NLP. Berikut ini beberapa di antaranya:

    NLP adalah sebuah studi tentang struktur dari pengalaman subyektif.
    NLP adalah strategi percepatan pembelajaran untuk mendeteksi dan memanfaatkan berbagai pola yang di dunia. (John Grinder)
    NLP is whatever works. (Robert Dilts)
    NLP adalah sebuah sikap dan metodologi, yang merupakan jejak dari suatu teknik. (Richard Bandler)
    NLP adalah studi sistematik tentang komunikasi manusia (Alix Von Uhde)

    Nah lo, Anda tidak makin bingung kan? Tenang, meskipun para ahli tersebut menerangkan definisi yang beragam, untunglah kesemuanya tidaklah bertentangan. Di titik inilah kemudian saya menemukan 2 penjelasan yang cukup memuaskan mengenai definisi umum NLP. Pertama dari Joseph O’ Connor dan kedua dari Bob G. Bodenhamer. Menurut O’ Connor, NLP adalah suatu cara untuk mempelajari bagaimana seseorang dapat begitu sempurna dalam satu hal dan kemudian mengajarkan hal tersebut pada orang lan. Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa NLP adalah seni sekaligus sains dari sebuah personal excellence. Seni karena setiap orang membawa keprbadian dan keunikannya masing-masing di dalam setiap hal yang mereka kerjakan, dan karenanya tidak mungkin dapat ditangkap secara utuh melalui kata-kata atau pun teknik. Sains, karena di dalamnya ada proses studi mendalam dan menggunakan metodologi secara sistematis yang dinamakan modelling.

    Lebih mendalam, Bodenhamer menerangkan definisi NLP dengan memecah setiap kata yang membentuknya. Kata Neuro merujuk pada sistem saraf (neuron) atau pikiran kita dan fungsinya dalam pemrosesan informasi kemudian mengkodenya dalam bentuk memori ke dalam tubuh kita. Lingustic mengindikasikan adanya pengkodean, pengklasifikasian, dan pemberian makna dari proses di sistem saraf kita melalui bahasa, sistem komunikasi, dan sistem simbol lain (seperti tata bahasa, matematika, musik, dll). Dalam NLP dikenal 2 jenis sistem bahasa yang utama. Pertama, proses informasi dalam bentuk gambar, suara, perasaan, taste, dan bau (alias sensory based information) melalui yang dinamakan representational system. Kedua, proses informasi melalui bahasa sekunder seperti simbol, kata-kata, metafora, dll. Terakhir, Programming merujuk pada kemampuan kita untuk mengorganisasikan kesemua bagian tersebut ke dalam pikiran-tubuh kita yang memungkinkan kita mencapai hasil apapun yang kita inginkan. Intinya, kita lah pemegang kontrol atas pikiran kita sendiri.

    OK, bagaimana sekarang? Sudah cukup jelas atau belum? Jika belum juga, kisah klasik NLP berikut ini pasti bisa membuat Anda lebih mudah memahami definisi NLP.

    Seorang bocah bertanya pada ibunya, “NLP itu apa sih, Ma?”

    Ibunya menjawab, “Mama akan beritahu kamu, tapi sebelumnya kamu harus mengikuti perintah mama sehingga kamu bisa mengerti nantinya. Kamu lihat kakekmu duduk di sana?”

    “Yap!” ujar sang bocah.

    “Temui dia dan tanyakan bagaimana keadaan penyakit pinggangnya sekarang.”

    Sang bocah segera pergi menemui kakeknya. “Kakek,” katanya, “bagaimana keadaan pinggang kakek hari ini?”

    “Oh, semakin memburuk Nak,”jawab sang kakek. “Selalu makin buruk ketika cuaca buruk. Berdiri saja susah.” Tampak lah sekilah wajah penuh penderitaan pada sang kakek.

    Sang bocah kembali kepada ibunya. “Katanya kondisinya memburuk Ma. Sepertinya dia kesakitan deh. Nah, sekarang Mama udah mau kasih tahu aku kan apa itu NLP?”

    “Sebentar lagi Sayang, Mama janji,” ujar sang Ibu. “Coba kamu temui lagi kakekmu dan tanyakan kepadanya apa saja tingkah lucu yang kamu lakukan sewaktu kamu kecil.”

    Sang bocah pun kembali menemui kakeknya. “Kakek,” ujarnya kemudian, “Tingkah lucu apa yang pernah kulakukan sewaktu kecil?”

    Wajah sang kakek berubah menjadi ceria. Rasa sakit seolah lenyap seketika. “Oh,” ujarnya, “banyak. Salah satunya waktu itu kamu kakek ajak untuk jalan-jalan. Hqri itu indah sekali dan kamu menyanyikan sebuah lagu yang baru saja kamu hafal. Kencang sekali. Seseorang lewat dan melihatmu dengan sedikit sebal. Menurutnya kamu terlalu berisik. Dia meminta kakek untuk memberitahumu agar diam. Kamu tiba-tiba berbalik kepadanya dan berkata, “Kalau Om nggak suka aku nyanyi, Om boleh kok nggak deket-deket aku,” dengan wajah polos dan kemudian bernyanyi dengan lebih keras. Ia kemudian melihatmu sambil terbengong-bengong”. Sang kakek pun tertawa lepas mengingat hal itu.

    Sang bocah kemudian kembali kepada ibunya. “Mama dengan apa yang baru saja diceritakan kakek?” tanyanya.

    “Ya,” jawab sang ibu. “Kamu baru saja mengubah perasaan kakekmu hanya dengan beberapa patah kata. Itulah NLP.”

    Anda boleh tersenyum sekarang, karena NLP memang semudah ini. Eh, tidak terlalu mudah sih, namun efek yang ingin ditimbulkannya memang sederhana: kita memiliki kemampuan untuk mengubah pikiran, perasaan, dan kondisi tubuh kita dalam sekejap kapan pun kita mau. Robert Dilts, pakar NLP pendiri NLP University di California, menyebutnya sebagai The Strategy of Genius. Bagi NLP, orang-orang jenius bukan hanya untuk dikagumi, tapi juga harus dicontek strateginya sehingga kita dapat melakukan hal yang sama dengan kualitas hasil yang sama pula.

    Bicara soal jenius, pada tulisan berikutnya saya akan menceritakan tentang duo jenius perumus NLP, Richard Bandler dan John Grinder, berikut tokoh-tokoh lain yang mengembangkan NLP sehingga menjadi ilmu yang semakin kaya dan aplikatif.



    :nice inpo dapatkan DVD eksklusif indoromance sekarang juga, bonus keanggotaan VIP seumur hidup.....http://www.indoromance.net/t60-cara-pesan-paket-dvd-eksklusif-indoromance-all-in-one-4-gb-via-sms

    :nice inpo ----> http://www.indoromance.net/t242-ketentuan-dan-fasilitas-khusus-vip-member


    Sponsored content

    Re: definisi NLP

    Post by Sponsored content Today at 8:02 am


      Waktu sekarang Sat Dec 10, 2016 8:02 am